Kamis, 05 Mei 2016

Cara Membuat Jamu Ayam Ketawa

Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan cara merawat dan melatih ayam ketawa, tips kali ini bagaimana cara membuat jamu untuk ayam ketawa agar menghasilkan suara kokok yang semakin baik. Jadi ini adalah kelanjutan dari posting sebelumnya. Jadi bagi yang belum membaca posting sebelumnya, alangkah baiknya jika membaca dulu cara merawat dan melatih ayam ketawa sebelum anda memberikan ramuan jamu untuk ayam ketawa kesangan anda. Berikut ini adalah tips membuat jamu untuk ayam ketawa agar menghasilkan suara kokok yang bagus:

1. Perhatikan makanannya. Untuk ayam ketawa umur 1 - 30 hari, pakannya cukup diberi voor 591 dan diberi suplemen untuk minumannya. Hal yang paling penting untuk usia tersebut adalah suhu ruangan/suhu kandang hendaknya stabil. Harus diberi lampu 10 watt agar anakan ayam ketawa selalu merasa hangat. Agar tidak mudah terserang penyakit, dapat diberi vaksin. Misalnya saja vaksin Medivac ND Hichner B1 dan gunakan 1 tetes ke mata ayam ketawa. Sedangkan untuk usia diatas 1 bulan dapat diberikan Medivac ND La Sota.

2. Ayam usia 1-4 bulan, pemberian pakan berupa voor 591 dapat mulai dikurangi. yaitu voor dicampur beras merah atau jagung slep. Di usia 4 bulan biasakan ayam diberi makan basah dan tidak diberi tempat air minum sendiri. Ini bertujuan ayam tidak mudah kehausan jika nanti dipakai untuk kontes yang harus memaksa ayam berdiri di tenggeran selama bermenit-menit.

3. Ayam ketawa dewasa, cara pemberian pakannya dapat berupa beras merah atau jagung slep dicampur voor 594. Pemberian pakannya berupa adonan basah tanpa diberi minum. Pemberian minum hanya sesekali saja dgn kapasitas sedikit.

4. Setelah ketiga cara di atas sudah anda lakukan secara teratur, sekarang kita mencoba untuk membuat jamu ayam ketawa. Bahan-bahan yang diperlukan adalah madu, gula merah, jahe dan tomat.


Cara membuatnya:
- Jahe dan tomat diblender hingga halus dan lembut.
- Gula merah dipotong kecil-kecil.
- Kemudian semua bahan diatas dicampur dalam satu wadah dan tambahkan madu secukupnya. aduk sampai semua tercampur rata. Dimasak sebentar diatas kompor agar menjadi lembut, sambil diaduk-aduk. kemudian angkat dan biarkan dingin. Lalu setelah ramuan jamu sudah dingin bisa dibikin menjadi bulatan-bulatan kecil seperti pil jamu lalu jemur hingga kering. Jamu siap diberikan ke ayam ketawa kita.

Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat.


Penulis: Admin
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PARTNER LINK